Diantara kegunaan yang dapat dipetik dari kegiatan evaluasi dalm bidang pendidikan adalah:
- Terbukanya kemungkinan bagi evaluator guna memperoleh informasi tentang hasil-hasil yang telah dicapai dalam rangka pelaksanaan program pendidikan
- Terbukanya kemungkinan untuk dapat diketahuai relevansinya relevansi antara program pendidikan yang telah dirumuskan dengan tujuan yang hendak dicapai.
- Terbukanya kemungkinan untuk dapat dilakukanya usaha perbaikan, penyesuaian dan penyempurnaan program pendidikan yang dipandang lebih berdaya. Sehingga tujuan yang dicita-citakan, akan dapat dicapai dengan hasil yang sebaik-baiknya.
Di samping mengadakan perbaikan dalam pengajaran., penggunaan tes dapat berpengaruh dalam berbagai hal yaitu :
Tes Membantu Memotivasi Siswa
Tes berkala memotivsi siswa-siswa dengan menyediakan tujuan-tujuan belajar jangka pendek yang mengarahkan cara belajar dengan menjelaskan kepada mereka hasil belajar apa yang diharapkan, dan menyediakan umpan balik baginya tentang kemajuan belajar yang dicapai.
Tes membantu Retensi dan Transfer Belajar
Oleh karena tes cenderung untuk mengarahkan usaha belajar sisawa kepada tujuan belajar yang akan diukur, maka tes itu dapat dipakai menjadi alat untuk mempertinggi retensi (daya tahan menyimpan ingatan) dalam transfer hasil belajar di kelas. Pada umumnya hasil belajar yang menyangkut pemahaman, aplikasi dan penafsiran akan lebih lama tersimpan dan mempunyai nilai transfer yang lebih besar dibandingkan dengan hasil pada tingkat pengetahuan
Tes Membantu Siswa dalam Pemahaman Diri
Salah satu tujuan utama dari semua pengajaran adalah membantu seseorang lebi haik memahami diri sendiri sehingga ia dapat mengadakan keputusan yang lebih tepat dan lebih efektifmenilai ketrampilannya. Tes berkala dan umpan balik yang dihasilkan dapat membantu pelajar untuk memperoleh pandangan tentang kesalahan yang perlu perbaikan, yang dapat dijadikan dasar yang lebih objektif bagi siswa untuk merencanakan program belajarnya untuk memilih pengalaman kependidikan untuk masa yang akan datang
Tes Memberikan Umpan balik Tentang Efektifitas Pengajaran
Informasi yang didapat dari hasil tes dapat dipakai untuk mengevaluasi berbagai aspek proses pangajaran. Tes itu dapat membantu penentuan sesjauh mana tujuan pengajaran realistis, apakah metoda dan materi pengajaran tepat dan bagaimana mutu pengorganisasian pengalaman belajar itu. Hasil tes tidak hanya mengungkapkan kelemahahan belajar siswa, tetapi dapat juga mengungkapkan kelemahan pengajaran jika hasil tes itu dipertimbangakan secara meneyeluruh.
Asmawi Zainul,Pengukuran, Tes dan Evaluasi Hasil Belajar, Jakarta: PAU, 1992
Anas Sudjiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1998
Sukardi. E, dan Maramis. W. F. Penilaian Keberhasilan Belajar. Jakarta:Erlanga: University Press, 1986
Bistok Sirait. Menyusun Tes Hasil Belajar. Semarang: IKIP Semarang Perss, 1985
Tidak ada komentar:
Posting Komentar